Miracle Quran

Mukjizat yang Terkandung dalam Surah Al-Baqarah (2) ayat 10, 14, dan 15

foto: Pixabay
42views

Mukjizat yang Terkandung dalam Surah Al-Baqarah (2) ayat 10

Mukjizat yang terkandung dalam ayat ini berkaitan dengan keajaiban hati. Allah berfirman:

فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌۙ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًاۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢ ەۙ بِمَا كَانُوْا يَكْذِبُوْنَ

Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih karena mereka berdusta.

Hati adalah harta manusia yang paling berharga. Jika hati manusia baik, kehidupannya juga akan menjadi baik; jika hati manusia rusak dan kotor, kehidupannya juga akan menjadi kacau dan sempit. Hati memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh manusia. Salah satu fungsinya adalah detoksifikasi yang merupakan proses pemecahan senyawa racun sehingga tubuh bisa terhindar dari racun yang menyerang. Hati juga membantu ginjal dalam memecah beberapa senyawa yang bersifat racun. Hati sebagai kelenjar berfungsi untuk menghasilkan empedu dan sebagian besar asam amino. Hati juga mencadangkan ketersediaan vitamin A dengan waktu selama 1 hingga 2 tahun, menghasilkan vitamin D dengan cadangan selama sekitar 4 bulan, menghasilkan vitamin B12 dengan cadangan 1 hingga 3 tahun, dan juga menghasilkan zat besi serta tembaga.

Hati juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, jika hati telah rusak, hal itu akan mengakibatkan penyakit berbahaya, misalnya hepatitis C yang mengakibatkan hati membengkak dan mengeluarkan enzim alanin aminotransferase ke darah; hati juga tidak dapat menyaring kotoran dan racun yang terdapat dalam tubuh manusia, lalu secara fisik akan muncul gejala mudah lelah, hilangnya selera makan, dan lain-lain.

Karena fungsinya yang begitu strategis dan vital, teknologi modern saat ini belum mampu menemukan alat yang bisa menggantikan kinerja seluruh fungsi hati. Kalaupun ada, alat tersebut hanya dapat memerankan satu dari beberapa fungsi hati.

BACA JUGA: Mukjizat Surah Al-Baqarah (2) ayat 2

Mukjizat Surah Al-Baqarah (2) Ayat 14-15

Mukjizat dalam ayat ini terkait dengan kepribadian terbelah (Split Personality). Allah berfirman:

وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ (14) اَللّٰهُ يَسْتَهْزِئُ بِهِمْ وَيَمُدُّهُمْ فِيْ طُغْيَانِهِمْ يَعْمَهُوْنَ (15)

Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman”. Namun, apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok”. (14) Allah akan memperolok-olokkan mereka dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan (15)

Kepribadian terbelah atau kepribadian ganda, yang dikenal dengan nama Alter Ego, merupakan suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah menjadi beberapa kepribadian baru yang bisa buruk dan bisa juga baik. Billy Milligan, seorang berkebangsaan Amerika, adalah salah satu contoh orang yang memiliki kepribadian terbelah. Ia adalah terdakwa atas beberapa kasus kriminalitas. Menurut pengakuannya, semua kejahatan itu ia lakukan di luar kendalinya.

BACA JUGA: Hikmah dan Mukjizat Surah Al-Fatihah

Jika manusia memiliki kepribadian ganda, itu pertanda musibah baginya karena dua kepribadian itu akan membuat dirinya selalu dalam keadaan tertekan dalam bersosialisasi di lingkungan masyarakatnya. Al-Quran dalam ayat di atas menyebut orang-orang yang memiliki kepribadian ganda ini sebagai kesesatan yang membutakan dan berpotensi menjadi orang-orang yang berperilaku miring dan menjadi pelaku kejahatan. Beberapa contoh yang bisa disebutkan adalah cerita 24 Wajah Billy.[]

 

SUMBER: THE GREAT QURAN

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response