Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) ayat 148, 153, 163, dan 166

Foto: Unsplash
30views

Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) ayat 148:

 لَا يُحِبُّ اللّٰهُ الْجَهْرَ بِالسُّوْۤءِ مِنَ الْقَوْلِ اِلَّا مَنْ ظُلِمَ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيْعًا عَلِيْمًا

Allah tidak menyukai ucapan buruk,(yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Mahaendengar lagi Maha Mengetahui.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Hannad bin As-Siri dalam kitab Az-Zuhd dari Mujahid bahwasanya ia berkata, “Firman Allah, ‘Allah tidak menyukai ucapan buruk,(yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya‘, turun pada seorang lelaki yang bertamu di rumah seseorang di kota Madinah. Namun, sang tuan rumah tidak menyambutnya dengan baik. Lalu, ia keluar dari rumahnya dan memberitahu orang-orang tentang perlakuan tuan rumah yang buruk terhadapnya. Lalu, ia dibolehkan melakukan hal itu (memberitahu kelakuan tuan rumah).

 Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) ayat 153:

يَسْـَٔلُكَ اَهْلُ الْكِتٰبِ اَنْ تُنَزِّلَ عَلَيْهِمْ كِتٰبًا مِّنَ السَّمَاۤءِ فَقَدْ سَاَلُوْا مُوْسٰٓى اَكْبَرَ مِنْ ذٰلِكَ فَقَالُوْٓا اَرِنَا اللّٰهَ جَهْرَةً فَاَخَذَتْهُمُ الصَّاعِقَةُ بِظُلْمِهِمْۚ ثُمَّ اتَّخَذُوا الْعِجْلَ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ فَعَفَوْنَا عَنْ ذٰلِكَ ۚ وَاٰتَيْنَا مُوْسٰى سُلْطٰنًا مُّبِيْنًا

Ahli kitab meminta kepadamu agar kamu menurunkan kepada mereka sebuah kitab dari langit. Maka, sesungguhnya mereka telah meminta kepada Musa yang lebih besar dari itu. Mereka berkata, “Perlihatkanlah Allah kepada kami dengan nyata.” Maka, mereka disambar petir karena kezalimannya, dan mereka menyembah anak sapi, sesudah datang kepada mereka bukti-bukti yang nyata, lalu Kami memaafkan (mereka) dari yang demikian. Dan telah Kami berikan kepada Musa keterangan yang nyata.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) ayat 102 dan 105

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Muhammad bin Ka’ab Al-Qurazhi bahwasanya ia berkata, “Beberapa orang dari agama Yahudi datang kepada Rasulullah ﷺ dan berkata, ‘Sesungguhnya Musa diutus kepada kami dengan membawa lembaran-lembaran dari Allah. Maka, datangkanlah lembaran seperti itu agar kami memercayaimu’. Maka, Allah menurunkan firman-Nya, ‘Ahli kitab meminta kepadamu agar kamu menurunkan kepada mereka sebuah kitab dari langit… ‘ hingga firman Allah, ‘Dan tuduhan mereka terhadap Maryam dengan kedustaan besar (zina)‘. Lalu, seorang Yahudi berlutut dan berkata, ‘Allah tidak menurunkan apa-apa kepadamu,  kepada Musa, Isa, dan siapa pun’. Maka Allah menurunkan firman-Nya, ‘Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya.'”

Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) ayat 163:

اِنَّآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ كَمَآ اَوْحَيْنَآ اِلٰى نُوْحٍ وَّالنَّبِيّٖنَ مِنْۢ بَعْدِهٖۚ وَاَوْحَيْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَعِيْسٰى وَاَيُّوْبَ وَيُوْنُسَ وَهٰرُوْنَ وَسُلَيْمٰنَ ۚوَاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًاۚ

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun, dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Ishak dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Adi bin Zaid berkata, ‘Kami tidak tahu bahwa Allah menurunkan wahyu kepada manusia setelah Musa’. Maka, Allah menurunkan ayat ini.”

Asbabun Nuzul Srah An-Nisa (4) ayat 166:

لٰكِنِ اللّٰهُ يَشْهَدُ بِمَآ اَنْزَلَ اِلَيْكَ اَنْزَلَهٗ بِعِلْمِهٖ ۚوَالْمَلٰۤىِٕكَةُ يَشْهَدُوْنَ ۗوَكَفٰى بِاللّٰهِ شَهِيْدًاۗ

(Mereka tidak mau mengakui yang diturunkan kepadamu itu) tetapi Allah mengakui Al-Quran yang diturunkan-Nya kepadamu. Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula). Cukuplah Allah yang mengakuinya.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah An-Nisa’ (4) ayat 100 dan 101

Sebab Turunnya Ayat

Ibnu Ishaq meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Beberapa orang dari agama Yahudi datang kepada Rasulullah ﷺ lalu Rasulullah bersabda kepada mereka, ‘Sesungguhnya aku bersumpah atas demi Allah bahwasanya aku mengetahui bahwa kalian mengetahui bahwa aku adalah utusan Allah’, kemudian mereka menjawab, ‘Kami tidak tahu apa-apa tentang hal tersebut’. Maka Allah menurunkan firman-Nya, ‘(Mereka tidak mau mengakui yang diturunkan kepadamu itu) tetapi Allah mengakui Al-Quran yang diturunkan-Nya kepadamu. Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula). Cukuplah Allah yang mengakuinya.‘”[]

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, Karya: Imam As-Suyuthi, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response