Ibrah

Golongan Orang yang Mendapat Keberuntungan Besar

Foto: Pixabay
42views

Orang-orang yang menginginkan kehidupan dunia tertipu oleh kekayaan Qarun. Ketika melihat Qarun dalam kemegahannya mereka menyangka bahwa dia telah mendapatkan keberuntungan yang sangat besar. Menurut mereka, keberuntungan yang besar adalah kemegahan dan kenikmatan duniawi serta penampilan mewah dan berlebih-lebihan. Orang yang beruntung besar adalah orang yang memiliki semuanya. Akan tetapi, apakah semua ini adalah hakikat keberuntungan? Apakah semua ini adalah barometer keberuntungan besar? Apakah orang yang mendapatkan semuanya berarti memiliki keberuntungan yang besar? Sesungguhnya semua kesenangan dunia dan berbagai kemegahannya tidak ada  yang abadi dan lestari, kecuali bersifat sementara dan terbatas sehingga akan sirna. Bagaimana orang bisa menganggap pemilik semua itu telah mendapat keberuntungan yang besar? Bagaimana sesuatu yang akan musnah dan sirna dijadikan sebagai ukuran?

Orang-orang yang menikmati kesenangan dunia beserta kemewahannya tidak akan kekal. Mereka akan berakhir dengan kemiskinan. Bagaimana mungkin mereka mendapat keberuntungan yang besar, padahal akhirnya mereka dalam kemiskinan? Sebenarnya, Qarun tidak mendapatkan keberuntungan yang besar selama menganggap bahwa semua kekayaannya adalah kesenangan yang hakiki. Begitu pula orang yang mengikuti jejaknya, semuanya berakhir dengan kesirnaan dan kemusnahan.

BACA JUGA: Penjelasan tentang Harta Simpanan Qarun

Pada hakikatnya, orang yang mendapatkan keberuntungan besar adalah yang memiliki kesadaran akan hakikat kesenangan abadi, bukan kesenangan palsu, yaitu orang yang menjalani kehidupan hakiki serta merasakan manisnya kehidupan tersebut. Orang yang memperoleh keimanan, keridhaan, ketentraman, serta kebahagiaan hidup adalah orang beruntung yang dapat menikmati kesenangan dan kenikmatan abadi yang hanya dirasakan oleh orang-orang Mukmin yang benar, sabar, dan bersungguh-sungguh di jalannya. Allah berfirman dalam Surah Ali-Imran (3) ayat 176:

وَلَا يَحْزُنْكَ الَّذِيْنَ يُسَارِعُوْنَ فِى الْكُفْرِۚ اِنَّهُمْ لَنْ يَّضُرُّوا اللّٰهَ شَيْـًٔا ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ اَلَّا يَجْعَلَ لَهُمْ حَظًّا فِى الْاٰخِرَةِ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌۚ

Janganlah engkau (Nabi Muhammad) dirisaukan oleh orang-orang yang dengan cepat melakukan kekufuran. Sesungguhnya sedikit pun mereka tidak merugikan Allah. Allah tidak akan memberi bagian (pahala) kepada mereka di akhirat dan mereka akan mendapat azab yang sangat besar.

Keberuntungan yang besar adalah keberuntungan di akhirat, bukan di dunia, yaitu berupa surga dengan segala kelezatannya. Barang siapa yang tidak mendapatkan nikmat tersebut maka dia bukanlah orang yang beruntung. Oleh karena itu, pada hakikatnya orang-orang kafir tidak mempunyai keberuntungan karena tidak mendapatkan semua kenikmatan abadi tersebut. Adapun orang yang memperoleh keberuntungan besar di dunia adalah mereka yang berakhlak mulia, bersosialisasi dan berinteraksi dengan penuh toleransi, serta mendapat kemudahan, maaf, dan kasih sayang. Mereka merasakan lezatnya hidup dengan keridhaan, ketentraman, dan kebahagiaan.

BACA JUGA: Ringkasan Kisah Qarun dalam Al-Quran

Allah berfirman dalam Surah Fushshilat (41) ayat 34-35:

وَلَا تَسْتَوِى الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۗاِدْفَعْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُ فَاِذَا الَّذِيْ بَيْنَكَ وَبَيْنَهٗ عَدَاوَةٌ كَاَنَّهٗ وَلِيٌّ حَمِيْمٌ (34) وَمَا يُلَقّٰىهَآ اِلَّا الَّذِيْنَ صَبَرُوْاۚ وَمَا يُلَقّٰىهَآ اِلَّا ذُوْ حَظٍّ عَظِيْمٍ (35)

Tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan) dengan perilaku yang lebih baik sehingga orang yang ada permusuhan denganmu serta-merta menjadi seperti teman yang sangat setia. (34) (Sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak (pula) dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.[]

SUMBER: KISAH-KISAH DALAM AL-QURAN: Orang-Orang yang Dimuliakan dan Dihinakan oleh Allah, karya Shalah Abdul Fattah Al-Khalidi, Penerbit Gema Insani

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response