Ibrah

Kisah Dua Bayi yang Bisa Bicara Selain Nabi Isa a.s.

Foto: Unsplash
73views

Dikisahkan bahwa Juraij memiliki shauma’ah, yakni sebuah tempat peribadatan khusus yang selalu ia pakai beribadah. Suatu saat, ketika ia sedang melaksanakan shalat sunnah, tiba-tiba ibunya datang dan memanggilnya, tetapi ia tidak menjawab panggilan tersebut dan memilih melanjutkan shalatnya. Ibunya pun marah dan pulang dengan kecewa. Kejadian ini terus berulang hingga tiga kali selama 3 hari, dan pada kali yang terakhir Sang Ibu dengan marah berkata, “Ya Allah, janganlah engkau matikan dia sebelum dia mendapat fitnah dari perempuan pelacur!”
Ternyata, saat itu ada seorang wanita pelacur yang cantik jelita. Ketika mendengar reputasi Juraij yang amat baik di tengah-tengah Bani Israil, ia pun merasa tertantang untuk merusak reputasi tersebut. Maka, mulailah pelacur itu menggoda dan membujuk Juraij, tetapi Juraij tidak pernah terpedaya dengan godaannya.

Akhirnya, dengan kesal pelacur itu pergi mendatangi seorang penggembala ternak yang kebetulan sering berteduh di tempat peribadatan Juraij, kemudian memperdayainya hingga mau melakukan perzinaan dengannya, dan akhirnya ia pun melahirkan seorang anak dari hasil perzinaan tersebut. Setelah melahirkan, wanita pelacur itu pun mengatakan kepada masyarakat bahwa bayi tersebut adalah hasil pezinaannya dengan Juraij.

BACA JUGA: Ketika Maryam Menghadapi Godaan
Mendengar pengakuan wanita itu, masyarakat pun menjadi sangat marah dan benci kepada Juraij. Mereka pun mendatangi rumah peribadatan Juraij dan menghancurkannya. Selain itu, mereka pun bersama-sama menghakimi Juraij tanpa bertanya terlebih dahulu kepadanya. Juraij yang terkejut pun bertanya kepada mereka dengan penuh keheranan akan sebab amarah dan amukan mendadak ini. Mereka pun memberitahukan kepadanya tentang pengakuan si pelacur tersebut.
Mendengar itu, Juraij pun menanyakan keberadaan bayi tersebut dan mereka pun membawa bayi tersebut ke hadapannya. Meminta izin untuk melaksanakan shalat terlebih dahulu, kemudian ia mendatangi bayi tersebut dan berkata kepadanya sembari menekan pelan perutnya, “Wahai bocah, siapakah ayahmu?” Tiba-tiba, dengan izin Allah, bayi itu pun menjawab, “Ayahku adalah Si Fulan, si penggembala.”

Kaumnya pun terkejut melihat keajaiban tersebut. Mereka pun meminta maaf kepada juraij seraya berjanji untuk membangunkan kembali tempat peribadatan Juraij dari emas. Namun juraij menolak dan meminta agar mereka cukup membangunnya kembali seperti semula.
Bayi selanjutnya yang dapat bicara disebutkan dalam kisah seorang wanita yang sedang menyusui bayi laki-lakinya. Tiba-tiba lewatlah di hadapannya seorang laki-laki peluang kuda yang amat gagah. Melihat itu si ibu pun berkata, “Ya Allah, jadikanlah anakku seperti orang itu.” Subhanallah, tiba-tiba dengan izin Allah, si bayi pun melepaskan puting susu ibunya, kemudian melihat ke arah sang penunggang kuda, lalu berkata, “Ya Allah, jangan Engkau jadikan aku seperti orang itu.” Setelah mengucapkan itu, bayi itu pun kembali menyusu kepada ibunya.

BACA JUGA: Ketika Allah Menampakkan Mukjizat kepada Maryam

Tak lama kemudian, lewatlah seorang budak perempuan yang nampak terhina dan tercela dari penampilannya. Sang ibu pun berkata, “Ya Allah, janganlah Engkau jadikan anakku seperti budak itu.” Lagi-lagi sang bayi melepaskan puting ibunya, kemudian berkata, “Ya Allah, jadikanlah aku seperti budak perempuan itu.” Si ibu pun keheranan melihat kejadian menakjubkan itu, tetapi ia tetap menanyakan ucapan bayinya yang menurutnya sangat aneh. Maka, bayi itu pun kembali berbicara untuk menjelaskan kepada ibunya dengan berkata, “Si penunggang kuda itu adalah orang yang lalim, sedangkan budak perempuan itu hanyalah dituduh berzina dan mencuri, padahal dia adalah seorang yang suci dari kedua perbuatan itu.”
Kisah kedua bayi yang dapat berbicara tersebut disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, yakni dalam HR. Muslim No. 2550

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response