Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 174 dan 177

Foto: Unsplash
64views

Surah Al-Baqarah (2) ayat 174

اِنَّ الَّذِيْنَ يَكْتُمُوْنَ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنَ الْكِتٰبِ وَيَشْتَرُوْنَ بِهٖ ثَمَنًا قَلِيْلًاۙ اُولٰۤىِٕكَ مَا يَأْكُلُوْنَ فِيْ بُطُوْنِهِمْ اِلَّا النَّارَ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ اللّٰهُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَلَا يُزَكِّيْهِمْ ۚوَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Kitab (Taurat), dan menukarkannya dengan harga murah, mereka hanya menelan api neraka ke dalam perutnya. Allah tidak akan menyapa mereka pada hari Kiamat dan tidak akan menyucikan mereka. Bagi mereka azab yang sangat pedih.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, dari Ikrimah dalam firman Allah, “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Kitab (Taurat)” dan firman-Nya dalam surah Ali-Imran, “Sesungguhnya orang-orang yang menjualnya janji Allah” dua ayat ini turun pada orang-orang Yahudi.

Diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari jalur Al-Kalbi, dari Abi Shalih, dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Ayat ini turun pada petinggi-petinggi dan ulama-ulama Yahudi, adalah mereka mendapatkan hadiah dan keutamaan dari orang-orang bawahan mereka, dan mereka sangat mengharapkan bahwa Nabi diutus dari kaum mereka, maka ketika Allah mengutus Nabi Muhammad ﷺ yang bukan dari mereka, mereka merasa takut akan kehilangan makanan dan kepemimpinan mereka, maka mereka sengaja untuk mengubah ciri-ciri Nabi Muhammad (yang terdapat di dalam Taurat), kemudian mengatakan kepada orang-orang dan berkata, “ini adalah ciri-ciri Nabi ini (Muhammad), maka Allah menurunkan, “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Kitab (Taurat)…”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 164 dan 170

Surah Al-Baqarah (2) ayat 177:

۞ لَيْسَ الْبِرَّاَنْ تُوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةِ وَالْكِتٰبِ وَالنَّبِيّٖنَ ۚ وَاٰتَى الْمَالَ عَلٰى حُبِّهٖ ذَوِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِۙ وَالسَّاۤىِٕلِيْنَ وَفىِ الرِّقَابِۚ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ ۚ وَالْمُوْفُوْنَ بِعَهْدِهِمْ اِذَا عَاهَدُوْا ۚ وَالصّٰبِرِيْنَ فِى الْبَأْسَاۤءِ وَالضَّرَّاۤءِ وَحِيْنَ الْبَأْسِۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ صَدَقُوْا ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُتَّقُوْنَ

Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, melainkan kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, Hari Akhir, malaikat-malaikat, kitab suci, dan nabi-nabi; memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang miskin, musafir, peminta-minta, dan (memerdekakan) hamba sahaya; melaksanakan salat; menunaikan zakat; menepati janji apabila berjanji; sabar dalam kemelaratan, penderitaan, dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

Sebab Turunnya Ayat

Abudurrazaq berkata, Ma’mar memberitahu kepada kami, dari Qatadah berkata, “Bahwasanya orang-orang Yahudi menunaikan shalat dengan menghadap ke barat, dan orang-orang Nasrani melaksanakannya dengan menghadap ke timur, maka turunlah ayat, “Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat”. Dan, diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Abul Aliyah senada dengan hadis sebelumnya.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnul Mundzir dari Qatadah berkata, “Diceritakan kepada kami bahwasanya seseorang bertanya kepada Nabi ﷺ tentang kebajikan, maka Allah menurunkan ayat-Nya, “Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat,” maka Nabi memanggil orang tersebut dan embacakan ayat ini kepadanya. Dan adalah orang tersebut sebelum diwajibkan shalat lima waktu jika bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwasanya Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, kemudian mati di atas kesaksian ini maka diharapkan untuk kebaikan. Maka Allah menurunkan ayat-Nya, “Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat,” dan adalah orang-orang Yahudi beribadah menghadap ke barat dan orang Nasrani ke arah timur.”[]

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response