Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 125, 130, dan 135

Foto: Unsplash
50views

Surah Al-Baqarah Ayat 125

وَاِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَاَمْنًاۗ وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرٰهٖمَ مُصَلًّىۗ وَعَهِدْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ اَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّاۤىِٕفِيْنَ وَالْعٰكِفِيْنَ وَالرُّكَّعِ السُّجُوْدِ

(Ingatlah) ketika Kami menjadikan rumah itu (Ka‘bah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. (Ingatlah ketika Aku katakan,) “Jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.” (Ingatlah ketika) Kami wasiatkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, serta yang rukuk dan sujud (shalat)!”

 

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan selainnya dari Umar berkata, “Aku menyepakati Tuhanku dalam tiga hal,” aku berkata, “Wahai Rasulullah! Seandainya saja kita jadikan sebagian dari maqam Ibrahim tempat shalat”, maka turunlah ayat “Jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat,” dan aku berkata, “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya orang baik dan jahat  menemui istri-istrimu, jika engkau memerintahkan kepada istri-istrimu untuk berhijab,” maka turunlah ayat hijab, dan berkumpul istri-istri Nabi kepadanya dalam keadaan cemburu, maka aku berkata kepada mereka, “Jika Nabi menceraikan kalian, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kamu,”  maka ayat ini juga turun”. Hadits ini mempunyai beberapa jalan yaitu:

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Mardawaih dari Jabir berkata, “Ketika Nabi ﷺ sedang melakukan thawaf, Umar berkata kepadanya, ‘Apakah ini maqam bapak kita Ibrahim?’ Rasulullah menjawab, ‘Iya’, Umar berkata, ‘Kenapa kita tidak menjadikannya tempat shalat?’ maka Allah menurunkan, ‘Jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.’”

Juga diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari jalur Amru bin Maimun dari Umar bin Al-Khattab bahwasanya ia melintas maqam Ibrahim, kemudian ia berkata, “Wahai Rasulullah! Bukankah kita sedang berdiri di maqam kekasih Tuhan kita?” Rasulullah bersabda, “Iya”, kemudian Umar berkata, “Apakah kita tidak boleh menjadikannya tempat shalat?” kemudian tidak berlalu waktu kecuali hanya sedikit dan turunlah ayat, “Jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.” Dan jelasnya adalah riwayat ini dan riwayat sebelumnya turun pada waktu haji Wada’.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al Baqarah Ayat 118-120

Surah AL-Baqarah ayat 130

وَمَنْ يَّرْغَبُ عَنْ مِّلَّةِ اِبْرٰهٖمَ اِلَّا مَنْ سَفِهَ نَفْسَهٗ ۗوَلَقَدِ اصْطَفَيْنٰهُ فِى الدُّنْيَا ۚوَاِنَّهٗ فِى الْاٰخِرَةِ لَمِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Siapa yang membenci agama Ibrahim selain orang yang memperbodoh dirinya sendiri? Kami benar-benar telah memilihnya (Ibrahim) di dunia ini dan sesungguhnya di akhirat dia termasuk orang-orang saleh.

 

Sebab Turunnya Ayat

Ibnu Uyainah berkata, diriwayatkan bahwasanya Abdullah bin Salam mengajak dua anak saudaranya yaitu Salamah dan Muhajir untuk masuk Islam, ia berkata kepada kedua anak tersebut. “Sesungguhnya kalian berdua telah mengetahui bahwasanya Allah berfirman di dalam Taurat, ‘Sesungguhnya Aku mengutus dari anak Ismail seorang nabi yang bernama Ahmad, maka barang siapa yang beriman kepadanya, makai a telah diberi hidayah dan petunjuk, dan barang siapa yang tidak beriman kepadanya, maka ia adalah terlaknat,’ maka Salamah masuk ke dalam Islam dan Muhajir menolak, maka turunlah ayat ini.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 115

Surah Al-Baqarah ayat 135

وَقَالُوْا كُوْنُوْا هُوْدًا اَوْ نَصٰرٰى تَهْتَدُوْا ۗ قُلْ بَلْ مِلَّةَ اِبْرٰهٖمَ حَنِيْفًا ۗوَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Mereka berkata, “Jadilah kamu (penganut) Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk.” Katakanlah, “(Tidak.) Akan tetapi, (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus dan dia tidak termasuk orang-orang musyrik.”

 

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari jalur Sa’id atau Ikrimah, dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Ibnu Shurya kepada Nabi ﷺ ‘Tidak ada satu pun petunjuk kecuali kami ada di atas petunjuk tersebut, maka ikutilah kami, wahai Muhammad, kamu akan mendapatkan petunjuk,’ dan orang-orang Nasrani juga berkata seperti itu, maka Allah menurunkan firman-Nya, Mereka berkata, “Jadilah kamu (penganut) Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk.” []

 

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, penerbit Pustaka Al-Kautsar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response