Tafsir

Surah An-Nazi’at: Malaikat-Malaikat yang Mencabut

foto: Pixabay
65views

Surah ini merupakan surah ke-79. Terdiri dari 46 ayat dan tergolong ke dalam surah Makkiyah. Dengan kata lain, ayat-ayat dalam Surah An-Nazi’at diturunkan tatkala Nabi ﷺ berdakwah di Mekkah atau sebelum berhijah ke kota Madinah.

Kandungan Surah An-Nazi’at membahas tentang iman kepada Hari Kebangkitan. Adapun penjelasan lain yang dapat disimak dalam surah ini adalah:

  1. Iman kepada para malaikat, terdapat dalam ayat 1-5;
  2. Ketika Hari Kiamat tiba, terdapat dalam ayat 6-14;
  3. Kisah Nabi Musa dan Fir’aun, terdapat dalam ayat 15-26;
  4. Penciptaan alam semesta, terdapat dalam ayat 27-33;
  5. Hari Akhir, penghuni neraka, dan penghuni surga, terdapat dalam ayat 34-41;
  6. Kapan kiamat tiba, terdapat dalam ayat 42-46.

Dalam penjelasan ayat terakhir, diterangkan bahwa seseorang yang mencoba membandingkan kehidupan yang abadi dengan kehidupan yang selama ini dijalaninya di dunia, niscaya tidak akan dapat membandingkannya. Seperti dalam matematika, jika 100 tahun dibandingkan keabadian, niscaya 100 tahun tersebut tidak bernilai. Karenanya hidup kita di dunia yang kurang dari 100 tahun ini ternyata sangat sebentar jika dibandingkan dengan kehidupan akhirat yang abadi.

BACA JUGA: Surah An-Naba: Berita Besar yang Diperselisihkan

Pelajaran penting yang dapat dipetik dari surah ini adalah bahwa seseorang yang beriman dan meyakini bahwa dirinya akan dibangkitkan dan disidang oleh Allah Swt. pada hari akhirat kelak, ia tidak akan bertindak dan berucap sesuka hatinya di dunia ini. Ia tidak akan menzalimi orang lain karena ia mengetahui adanya hari pembalasan.

Orang yang tidak beriman terhadap hari akhirat dan tidak beriman bahwa ia akan dibangkitkan, akan bertindak sepuasnya. Hal itu karena ia merasa kehidupannya selesai setelah meninggal dunia. Inilah yang dibantah Allah dan dijelaskan secara gamblang dalam surah-surah Juz Amma.

 

Demikian penjelasan tentang Surah An-Nazi’at. Wallahu a’lam.[]

 

SUMBER: TAFSIR JUZ AMMA

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response